top of page

STRATEGI REKRUTMEN PESERTA DIDIK DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN

Updated: Dec 3, 2021

Gambar Studi Penelitian


Pendidikan di masa ini menjadi kebutuhan yang utama bagi semua orang. Pendidikan dianggap dapat menjadi suatu hal yang dapat meningkatkan status sosial dan dapat meningkatkan taraf hidup. Pendidikan juga menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik karena dari pendidikan banyak masalah baik dari hal ekonomi maupun sosial masyarakat dapat diperbaiki ke arah yang lebih baik.

Dalam Undang-Undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijelaskan bahwa, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.” .

Dari pengertian pendidikan di atas dapat dilihat bahwa tujuan Pendidikan di Indonesia adalah menciptakan peserta didik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, jujur, cakap, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Sekolah adalah salah satu tempat dimana proses pendidikan dilaksanakan. Untuk mencapai tujuan pendidikan, sekolah harus dapat memaksimalkan segala sumber daya yang dimiliki sehingga hasil yang didapat bisa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sekolah sebagai organisasi juga harus melakukan pengembangan agar sekolah tetap bisa melaksanakan fungsinya dan juga tetap bisa mendapatkan peserta didik baru di tahun berikutnya.


Di era persaingan global dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat dan semakin mudahnya informasi didapatkan membuat sekolah harus bisa beradaptasi dalam perubahan dan juga harus bisa mengembangkan organisasi sehingga tidak kalah dalam persaingan yang ada. Untuk dapat tetap bersaing dalam persaingan global, sekolah harus mengelola segala sumber daya yang dimilikinya dengan baik. Salah satu bentuk pengelolaan yang bisa sekolah terapkan adalah Management of Pupil Personel Recruitmen atau manajemen perekrutan peserta didik.


Peningkatan mutu pendidikan di sekolah perlu di dukung oleh perencanaan yang baik, perencanaan dan pelaksanaan manajemen peserta didik mempunyai wilayah jangkauan mulai dari saat akan mengadakan penerimaan peserta didik baru sampai dengan pelulusannya. Perkembangan teknologi informasi saat ini menimbulkan dampak yang sangat kuat terhadap kompleksitas manajemen pada umumnya, khususnya manajemen pendidikan. di samping itu, teknologi informasi semakin di butuhkan oleh lembaga pendidikan khususnya dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan aliansi dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.


Untuk memperoleh pencapaian yang maksimal dalam pelaksanaan rekrutmen siswa pada PPDB kepala Sekolah membuat strategi khusus, diantaranya adalah menyusun tim sukses PPDB, menyusun best practise PPDB, menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) PPDB, menerapkan managemen mutualisme dengan stake holder, pola jemput bola, fasilitas transpotasi (antar jemput siswa), program grand branding sekolah (sebagai jaminan layanan dan mutu pendidikan). Selain itu pihak sekolah juga membuat beberapa tahapan dalam strategi rekrutmen peserta didik baru yaitu tahapan perencanaan, metode dan teknik, serta tahapan proses seleksi.

71 views
bottom of page